SMP Negeri 1 Punggelan


Jalan Pasar Manis Punggelan Kec. Punggelan, Kab. Banjarnegara
Telp: -

Membaca Buku Disaat Jam Istirahat Sangat Jarang Dilakukan Siswa

Diposting pada: 2017-10-06, oleh : SMP Negeri 1 Punggelan, Kategori: Tanpa Kategori

Permendikbud Nomor 23 Tahun 2015 tentang Penumbuhan Budi Pekerti untuk memberi kepastian hukum betapa persoalan budi pekerti merupakan sesuatu yang harus dipikirkan dan ditumbuhkembangkan segera dalam kehidupan sehari-hari di sekolah. Sebagai warisan budaya bangsa, budi pekerti sudah melekat dalam ekosistem kebudayaan bangsa Indonesia. Hanya saja, akhir-akhir ini persoalan budi pekerti bukan lagi merupakan persoalan yang urgen dalam membangun bangsa Indonesia. Sebagian anak bangsa masih berpikir bahwa kecerdasan kognitif adalah segalanya. Padahal, semua sepakat bahwa kecerdasan apapun yang tidak ditopang dengan kecerdasan emosional (budi pekerti), akan melahirkan krisis baru yang tak kunjung usai. 

Salah satu kegiatan penumbuhan budi pekerti adalah membudayakan literasi di sekolah. Literasi tidak hanya berhitung, membaca tetapi ada literasi digital, literasi pendidikan kewarganegaraan dan literasi keuangan.

Pengertian membaca menurut kamus bahasa Indonesia yaitu melihat dan paham isinya, bisa dengan melisankan atau dalam hati saja. Sedangkan menurut Mr. Hodgson terbitan tahun 1960 halaman 43-44 membaca didefinisikan proses yang dilakukan oleh para pembaca agar mendapatkan pesan, yang akan disampaikan dari penulis dengan perantara media kata-kata maupun bahasa tulis. Apablisa pesan tersurat dan tersirat dapat dipahami, maka proses dari membaca itu akan terlaksansecara baik.

Bagi peserta didik jeda waktu istirahat sangat berarti untuk menambah pengetahuan tidak hanya dihabiskan dengan jajan. Membaca bagi peserta didik menambah khasanah dan nuansa baru dipemikirannya. Sehingga dengan memanfaatkan waktu yang sangat sebentar kurang lebih 15 - 30 menit dapat untuk membuka jendela dunia.

SMP Negeri 1 Punggelan menyediakan banyak tempat untuk kegiatan membaca di saat jeda istirahat peserta didik. Ada gubuk baca yang diberi nama tokoh wayang wanita. Misal Gubuk Baca Srikandi, Gazebo dan taman yang rindang.

 


Print BeritaPrint PDFPDF

Berita Lainnya :

Tinggalkan Komentar


Nama *
Email * Tidak akan diterbitkan
Url  masukkan tanpa Http:// contoh :www.m-edukasi.web.id
Komentar *
security image
 Masukkan kode diatas
 

Ada 1 komentar untuk berita ini

  • Tedy Ruswanta
    2011-11-30

    Iya, apalagi jaman sekarang, mereka malah lebih senang online social network lewat HP

SMP Negeri 1 Punggelan

Jalan Pasar Manis Punggelan Kec. Punggelan, Kab. Banjarnegara
-